5 Smartphone yang gagal masuk ke pasar Indonesia

Kompetisi smartphone sepertinya memang tidak ada habisnya, para produsen smartphone baik dalam ataupun luar negeri berlomba-lomba meluncurkan smartphone sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Tetapi, ada juga beberapa smartphone dengan spek dewa dan mempunyai label flagship gagal masuk ke  Indonesia.Nah, kali ini kita akan membahas 5 smartphone flagship yang batal rilis di Indonesia.

1.One Plus 2

One plus merupakan vendor smartphone pendatang baru yang membuat sensasi dengan slogan nya yaitu Flagship Killer.Tetapi meskipun mereka mempunyai slogan yang bisa di bilang menyakinkan, vendor smartphone yang satu ini juga pernah gagal memasarkan salah satu produknya yaitu One Plus 2.
OnePlus 2 Image
OnePlus 2
Smartphone flagship dari One Plus yang diluncurkan tahun 2015 ini gagal masuk ke Indonesia karena tersandung masalah TKDN.Perlu kalian ketahui, TKDN merupakan singkatan dari Tingkat Kandungan Dalam Negeri.

Jadi, aturan TKDN ini merupakan nilai atau persentase komponen produksi buatan dalam negeri yang di pakai dalam produk berbasis 4G LTE.Intinya, setiap produsen asing yang mau memasarkan produk 4G nya ke Indonesia, vendor tersebut harus memiliki 30% kandungan lokal, baik dari segi tenaga kerja, hardware dan software.

Tetapi, smartphone One Plus 2 ini belum memenuhi sertifikasi TKDN sehingga batal dirilis di Indonesia dan setahun setelah itu brand One Plus resmi hengkang dari pasar smartphone Indonesia.

2.Iphone 6S

Iphone 6S Image
Iphone 6S
Masalah yang di alami oleh Iphone 6S sama dengan One Plus 2, yaitu masalah sertifikasi TKDN.Pada  waktu Apple meluncurkan Iphone 6S, Apple dinilai masih belum memenuhi standar TKDN.Kondisi ini membuat Apple menghentikan pemasokan smartphone nya ke Indonesia dalam kurun waktu satu tahun.

Namun saat ini Apple sudah memenuhi aturan TKDN tersebut melalui jalur investasi dan Iphone 6S pun diluncurkan di Indonesia berbarengan dengan peluncuran Iphone 7 pada masa itu.

3.LG G5 dan LG G5 SE.

Smartphone ini gagal diluncurkan di Indonesia bukan karena masalah TKDN, tetapi karena kebijakan pihak perusahaan nya sendiri.Pada masa itu LG memang meluncurkan dua smartpone yang memiliki spesifikasi yang sedikit mirip yaitu, LG G5 SE dan LG G5.
LG G5 image
LG G5
Karena spesifikasi yang sedikit mirip tersebut, akhirnya LG G5 lah yang dipilih sebagai produk flagship dari LG yang dirilis di Indonesia, India, dan Brazil.Kedua smartphone tersebut pada awalnya mendapat respon yang baik pada saat peluncuran nya di Barcelona.

Yang membuat kedua smartphone ini mendapat respon baik pada saat peluncura nya ada pada konsep desain moduler, yang mana terdapat aksessoris menarik yang dapat dilepas pasang, dan konsep ini belum ada sebelumnya.

LG G5 SE Image
LG G5 SE
Tetapi sayangnya, pemilihan LG G5 SE untuk pasar Indonesia bukan pilihan yang tepat, karena chipset yang di gunakan yaitu Snapdragon 652 kualitasnya lebih rendah dari pada Snapdragon 808 yang di gunakan pendahulunya yaitu LG G4.

Meskipun pihak LG sudah merilis data Benchmark yang menunjukan bahwa LG G5 memiliki performa yang lebih baik dari LG G4, tetapi tetap saja penjualan LG G5 tidak lancar.

4.HTC One M9

Smartphone di kabarkan sudah gagal untuk di pasar Global terlebih dahulu.Secara spek, HTC One M9 ini sebenarnya juga sangat gahar, tapi ada beberapa operator seluler di Kanada yang menghentikan penjualan HTC One M9, akhirnya penjualan HTC One M9 menurun.
HTC One M9 Image
HTC One M9
Bahkan hasil penjualan HTC One M9 ini tidak lebih tinggi dari pendahulunta yaitu HTC One M8.Nah, karena di Indonesia ini biasanya ketinggalan dalam launching smartphone terbaru, sepertinya para pengguna tidak akan bisa merasakan peggunaan HTC One M9 ini.

Karena hanya dalam jangka waktu satu bulan, pihak HTC resmi merilis smartphone terbarunya yaitu, HTC One M9 Plus dan smartphone terbaru HTC One M9 Plus inilah yang masuk ke Indonesia dengan berbagai peningkatan dan perbaikan dari HTC One M9.

Smartphone
Toko
Link beli
One Plus 2
Tokopedia
BliBli
Lazada
Shopee
Iphone 6S
Tokopedia
BliBli
Lazada
Shopee
LG G5
Tokopedia
BliBli
Lazada
Bukalapak
LG G5 SE
Tokopedia
BliBli
Lazada
Bukalapak
HTC One M9
Tokopedia
BliBli
Lazada
Bukalapak

0 Response to "5 Smartphone yang gagal masuk ke pasar Indonesia"

Post a Comment